Vote

Bagaimana pelayanan petugas kami saat anda mengajukan perkara ke Pengadilan ?
Total 327 Responden.
Terima Kasih atas partisipasi Anda

Link Website Terkait

Indikator Kinerja Utama

Update : Tue, 22-Aug-2017 14:08:18

Dalam rangka mewujudkan Visi Misi Pengadilan Agama Unaaha, ada 7 Sasaran Kinerja  yang menjadi ukuran tingkat keberhasilan atau kegagalan kinerja, masing-masing unit memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan capaian indikator tersebut sesuai tugas pokok dan fungsinya.

NO KINERJA UTAMA    INDIKATOR KINERJA PENJELASAN PENANGGUNG JAWAB  SUMBER DATA
1 Terwujudnya Proses peradilan yang pasti, transparan dan akuntabel a Persentase produktifitas memutus perkara Perbandingan rasio produktifitas hakim menyelesaikan perkara pada tahun berjalan dengan rasio produktifitas hakim menyelesaikan perkara tahun sebelumnya Pimpinan, Hakim dan Kepaniteraan Lap. Tahunan & Bulanan
b Clearance Rate (Rasio penyelesaian perkara masuk, diterima dan diputus) Perbandingan antara total jumlah perkara yang putus dengan total jumlah perkara yang diterima  Hakim dan Kepaniteraan Lap. Tahunan & Bulanan
c Persentase penyelesaian perkara tepat waktu Perbandingan jumlah perkara putus yang diselesaikan kurang dari atau maksimal 5 bulan dengan total jumlah perkara putus  Hakim dan Kepaniteraan Lap. Tahunan, bulanan & Survey IKM (Index kepuasan Masyarakat)
d Persentase penurunan tunggakan (sisa perkara) Perbandingan terbalik  sisa perkara tahun berjalan dengan sisa perkara tahun sebelumnya  Hakim dan Kepaniteraan Lap. Tahunan & Bulanan
e Persentase perkara yang tidak mengajukan upaya hukum Perbandingan jumlah perkara putus yang tidak diajukan upaya hukum banding, kasasi dan PK terhadap total jumlah perkara yang putus  Hakim dan Kepaniteraan Lap. Tahunan & Bulanan
2 Meningkatnya Akses peradilan bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan a Persentase perkara yang diselesaikan melalui pembebasan biaya/prodeo Perbandingan antara jumlah perkara yang masuk melalui layanan pembebasan biaya perkara (prodeo) dengan jumlah total perkara yang masuk Hakim dan kepaniteraan Lap. Tahunan & Bulanan
b Persentase perkara yang diselesaikan melalui sidang keliling dalam negeri maupun di luar negeri Perbandingan antara jumlah perkara yang masuk melalui layanan sidang keliling dengan jumlah total perkara yang masuk Pimpinan, Hakim dan Kepaniteraan, Sekretaris Lap. Tahunan & Bulanan
c Persentase perkara yang terlayani melalui posyankum Perbandingan antara jumlah perkara yang masuk melalui penyediaan pos layanan hukum dengan jumlah total perkara yang masuk Pimpinan, Hakim dan Kepaniteraan, Sekretaris Lap. Tahunan & Bulanan
d Persentase identitas hukum yang terpenuhi melalui pelayanan terpadu Perbandingan antara jumlah perkara yang dapat diselesaikan melalui layanan terpadu identias hukum (buku nikah, akta kelahiran) dengan jumlah perkara yang mendaftar untuk pelayanan tersebut Pimpinan, Hakim dan Kepaniteraan, Sekretaris Lap. Tahunan & Bulanan
3 Meningkatkan Penyederhanaan proses penanganan perkara melalui pemanfaatan teknologi informasi a Persentase keberhasilan penyelesaian perkara melalui small claim court (konsep peradilan perdata biaya ringan dengan proses penyelesaian cepat) Persentase jumlah perkara putus melalui small claim court dengan total jumlah perkara yang diselesaikan memlai sistem tersebut Hakim dan kepaniteraan Lap. Tahunan & Bulanan
b Persentase keberhasilan penyelesaian perkara melalui mediasi Perbandingan jumlah perkara yang berhasil dimediasi (berhasil didamaikan) dengan total jumlah perkara yang dimediasi Mediator Lap. Tahunan & Bulanan
c Persentase percepatan penyelesaian perkara melalui pengaturan delegasi panggilan/pemberitahuan Perbandingan jumlah penyampaian panggilan tepat waktu dengan total jumlah penyampaian panggilan melalui delegasi keluar  Jurusita/Jurusita Pengganti satuan kerja asal dan satuan kerja delegasi Lap. Tahunan & Bulanan
4 Terwujudnya Sistem manajemen informasi yang terintegrasi dan menunjang sistem peradilan yang sederhana, transparan dan akuntabel a Persentase Integrasi informasi perkara secara elektronik Perbandingan jumlah perkara yang telah diregistrasi lengkap dalam sistem informasi perkara (ex. SIPP) dengan registrasi perkara tanpa aplikasi sistem Hakim dan kepaniteraan Lap. Tahunan & Bulanan
    b Transparansi kinerja peradilan dan manajerial secara efektif dan efisien (penguatan regulasi) Perbandingan jumlah item informasi yang telah dipublikasi dalam website satuan kerja dengan keseluruhan item informasi yang wajib dipublikasikan berdasarkan ketentuan yang berlaku Panitera, Sekretaris, Kasubbag Perencanaan TI dan Pelaporan Lap. Tahunan & Bulanan
    c Persentase jumlah putusan dan penetapan yang dipublikasi  Perbandingan jumlah putusan/penetapan yang telah dipublikasikan dalam direktori putusan dengan keseluruhan putusan/penetapan yang dihasilkan pada tahun berjalan  berdasarkan ketentuan yang berlaku Hakim dan kepaniteraan Lap. Tahunan & Bulanan
5 Terwujudnya Pelaksanaan pengawasan kinerja aparat peradilan secara optimal baik internal maupun eksternal a Persentase pengaduan yang ditindaklanjuti Perbandingan jumlah pengaduan yang ditindaklanjuti dengan total jumlah pengaduan Petugas meja pengaduan, panmud hukum dan pimpinan Lap. Pengaduan
b Persentase temuan yang ditindaklanjuti Perbandingan jumlah temuan yang ditindaklanjuti satuan kerja dengan total jumlah temuan (Pengawas bidang, Pengawas Daerah, Bawas, BPK, & lembaga pengawasan lainnya) pada tahun berjalan Pengawas, Pimpinan, kepaniteraan dan kesekretariatan Lap. hasil pengawasan
c Persentase penurunan pelanggaran kode etik oleh aparat peradilan Perbandingan terbalik jumlah pelanggaran kode etik aparat satuan kerja pada tahun berjalan dengan jumlah pelanggaran kode etik aparat tahun sebelumnya Pimpinan, Sekretaris, Kasubbag Kepegawaian Lap. Hukuman disiplin
d Persentase hakim/pejabat yang menyampaikan LHKPN/LHKASN dalam rangka pencegakan TPK Perbandingan jumlah hakim dan pejabat yang telah menyampaikan LHKPN/LHKASN dengan total jumlah hakim dan pejabat pada satuan kerja Hakim & pejabat, pimpinan, sekretaris dan Kasubbag Kepegawaian LHKPN/ LHKASN
6 Terwujudnya Peningkatan Kompetensi dan Integritas SDM lembaga peradilan berdasarkan parameter obyektif a Persentase jabatan yang sudah memenuhi standar kompetensi sesuai dengan parameter obyektif Perbandingan jumlah jabatan kosong yang diusulkan dengan realisasi pemenuhan pengisian jabatan tersebut yang memenuhi standar kompetensi Pimpinan, Sekretaris, Kasubbag Kepegawaian Lap. Usulan promosi/mutasi jabatan
b Persentase Hakim yang telah memiliki sertifikasi spesialisasi keahlian Perbandingan jumlah hakim yang diusulkan mengikuti sertifikasi spesialisasi keahlian dengan realisasi jumlah hakim yang mengikuti sertifikasi tersebut Pimpinan, Sekretaris, Kasubbag Kepegawaian Lap. Tahunan & Bulanan
c Persentase pegawai yang telah mendapatkan pengembangan kompetensi Perbandingan jumlah pegawai yang diusulkan mengikuti pengembangan kompetensi/keahlian dengan realisasi jumlah pegawai yang mengikuti pengembangan kompetensi tersebut Pimpinan, Sekretaris, Kasubbag Kepegawaian Lap. Tahunan & Bulanan
7 Meningkatnya Meningkatnya pengelolaan manajerial lembaga peradilan secara akuntabel, efektif dan efisien a Persentase terpenuhinya kebutuhan standar sarana dan peningkatan pelayanan prima Perbandingan r jumlah sarana prasarana standar yang diusulkan dipengadilan dengan sarana prasarana yang realisasi  dalam pengadaan Pimpinan, Panitera, Sekretaris, KPA, PPK Data usulan pengadaan
b Persentase peningkatan produktifitas kinerja SDM (SKP dan Penilaian Prestasi Kerja) Perbandingan produktifitas SKP rata-rata seluruh aparat satuan kerja pada tahun berjalan dengan produktifitas SKP rata-rata pada tahun sebelumnya Sekretaris, Kasubbag kepegawaian Rekap rata-rata capaian SKP
c Terpenuhinya Opini Pelaporan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Perbandingan jumlah penyampaian laporan Sistem Akuntansi Instansi (SAI, keuangan dan aset BMN) yang diterima dan tepat waktu dengan keseluruhan laporan SAI yang wajib disampaikan Sekretaris, Kasubbag Umum dan Keuangan Lap. SAI
d Persentase hasil monev dan hasil review yang dijadikan feedback untuk analisa kebijakan Perbandingan hasil monev dan hasil reviu yang ditindaklanjuti untuk analisa kebijakan, monitoring pelaksanaan program dan kegiatan Pimpinan, Sekretaris, Kasubbag Perencanaan TI dan pelaporan Lap. Monev, Lap. Tahunan dan Triwulanan
e Persentase tercapainya target kegiatan prioritas (belanja modal) yang mendukung pelayanan prima peradilan Perbandingan jumlah output kegiatan prioritas pusat yang dapat dilaksanakan dengan total output kegiatan yang tercantum dalam RKAKL/DIPA / APBNP KPA, PPK, Sekretaris dan Kasubbag Umum dan Keuangan Lap. Pengadaan
g Persentase terpenuhinya layanan operasional (belanja barang) perkantoran dan pimpinan Perbandingan jumlah output kegiatan layanan operasional perkantoran dan pimpinan berdasarkan kebutuhan dengan output kegiatan yang dapat direalisasikan yang tercantum dalam RKAKL/DIPA KPA, PPK, Sekretaris dan Kasubbag Umum dan Keuangan Lap. Tahunan & Bulanan

Dokumen Indikator Kinerja Utama yang di reviu tanggal 2 mei 2016 dapat di lihat selengkapnya DISINI